oleh

Raih Penghargaan, PTSP Sulteng Terbaik di Indonesia

Bagikan Artikel Ini

PALU – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng dengan predikat kepatuhan dan kompetensi tinggi bersama empat pemerintah daerah lainnya di Indonesia.

Sulteng sendiri meraih kompetensi baik terhadap penyelenggaraan perizinan pemerintah daerah tahun 2019.

Provinsi Sulteng mendapat nilai kepatuhan 95,74 dan nilai kompetensi 80,22.

Piagam penghargaan terbaik diserahkan Ketua Ombudsman RI Prof. Amzulian Rifai kepada Asisten III Pemprov Sulteng, Mulyono, di Palembang, Senin (11/03).

Asisten III Pemprov Sulteng, Mulyono, Selasa (12/03) mengatakan, Ombudsman RI telah melakukan survey terkait dengan dengan kepatuhan dan kompetensi pelayanan publik tahun 2018.

Mulyono mengatakan, maksud dan tujuan ORI melakukan survey itu adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan pemerintah daerah dalam pemenuhan standar pelayanan publik perizinan dan akselerasi berbagai kebijakanan perizinan usaha.

Tujuannya, kata dia, untuk mendapatkan data primer terkait pemahaman standar pelayanan publik perizinan dan penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Selain itu, kata dia, juga untuk mendapatkan gambaran efektifitas pelaksanaan penyelenggara PTSP serta melihat kesiapan PTSP dalam menjalankan berbagai kebijakan perizinan usaha.

Dia menambahkan, lokus penilaian terhadap kompetensi penyelenggaraan pelayanan publik adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Dan hasilnya Pemprov merupakan satu-satunya yang masuk dalam zona hijau dari 16 provinsi yang disampel,” kata Mulyono.

Hal senada juga dikatakan Kepala Perwakilan ORI Sulteng, Sofyan Farid Lembah. Menurutnya, PTSP Provinsi Sulteng adalah satu-satunya di Indonesia yang masuk zona hijau di tahun 2018.

“Artinya pada survey kepatuhan tahun 2018 lalu, PTSP Provinsi Sulteng adalah yang terbaik di Indonesia,” ujarnya. (IKRAM)

BACA JUGA  MUI Ajak Umat Lawan Hoax untuk Persatuan
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 13
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru