oleh

Perusahaan Asal Jepang Perkenalkan Rumah Tahan Gempa di Palu

Bagikan Artikel Ini

PALU – Sebuah perusahaan asal Negara Jepang yang bergerak di bidang perbankan dengan bendera J Trust, memperkenalkan kepada masyarakat Kota Palu dan sekitarnya mengenai bangunan rumah tahan gempa, Selasa (10/09).

Lokasi bangunan rumah tahan gempa ini berada di wilayah Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu.

Direktur Utama, PT Bank J Trust Indonesia, Ritsuo Fukadai, menyebutkan, pembangunan rumah tahan gempa ini bersumber dari dana kepedulian Bank J Trus (CSR).  Pihaknya, kata dia dalam membangun rumah tanah gempa itu bekerja sama dengan Prof Hiroto Kobayasi selaku pendiri Kobayasi Laboratory.

Bangunan rumah tahan gempa ini dikerjakan oleh para arsitek dari Jepang dengan biaya sebesar USD 5000 atau sekitar Rp450 juta.

“Untuk sementara  yang baru dibangun satu unt, dengan fungsi comunity center,” katanya.

Dia berharap, pembangunan rumah tahan gempa yang kini baru dibuat satu unit sebagai sampel itu dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah dan masyarakat untuk membuat bangunan yang sama.

“Kalau alih teknologi bisa berlangsung di Palu dan jika itu terwujud, kita bisa tekan ongkos produksinya karena  bahan bakunya banyak di Sulawesi Tengah,” ujar Ritsuo.

Palu, kata dia, memiliki kemiripan dengan Jepang, karena itu ke depan perlu dikembangkan kerja sama dalam membangun mitigasi bencana.

Tokoh masyarakat Sulawesi Tengah, Sofyan Farid Lembah menyambut baik i’tikad tersebut. Dia mengatakan, ada banyak conroh kearifan local yang bisa didaur ulang untuk menghadapi guncangan bencana.

Sebagai rumah adat tradisional, sangat terbukti kelenturan strukturnya pada saat menghadapi bencana gempa. Kelemahan rumah adat Sulawesi Tengah, bahan bakunya mayoritas dari kayu yang agak rentan dengan terbakar, karena itu perlu solusi kerentanan itu.

BACA JUGA  PKKMB Untad Dipastikan Tanpa Perpeloncoan

“Kita mengimpikan kolaborasi rumah adat Kaili dengan rumah tahan gempa ala Jepang,” tukasnya. (MAL)

loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 125
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru