oleh

Pertemuan Wabup Sigi di Jakarta, Hasilkan Kesepakatan Penyediaan Relokasi Warga Korban Bencana di Sulteng

JAKARTA – Wakil Bupati (Wabup) Sigi Paulina hadiri pertemuan tindak lanjut kegiatan Pengadaan Tanah Relokasi Pemulihan Bencana di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Pertemuan tindak lanjut itu berlangsung di Ruang Rapat Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Pertemuan itu dipimpin langsung Sekertaris Dirjen Pengadaan Tanah, Alen Saputra. Alen berharap pertemuan itu dapat menghasilkan kesepakatan antara pemerintah daerah dan para pimpinan perusahaan pemilik Hak Guna Usaha (HGU) di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Khususnya para pemilik HGU di Sulteng yang terdampak bencana untuk menyediakan tanah guna relokasi pemulihan akibat bencana dengan mekanisme pengadaan tanah secara khusus seperti penjelasan pasal 49 UU No. 2 Tahun 2012.

Sementara Wabup Sigi Paulina, sampaikan beberapa hal terkait relokasi warga yang terdampak bencana di wilayah Kecamatan Sigi Biromaru yang akan di tempatkan di lokasi eks HGU PT. Hasfarm Hortikultura.

Wabup Sigi meminta agar pimpinan PT. Hasfarm Hortikultura dapat segera menandatangani dan melakukan penyerahan pelepasan areal Eks HGU Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi Yang Kontraknya telah berakhir pada bulan Juni 2018.

“Dengan ketentuan yang telah disepakati bersama bahwa PT. Hasfarm diperkenankan untuk mengambil aset berupa pipa yang masih tersisa di areal tersebut dan Pemda Sigi akan memasang pipanisasi baru untuk dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat di wilayah tersebut,” ujar Paulina.

Dalam pertemuan tersebut telah disepakati bersama penyediaan tanah untuk relokasi di wilayah Prov. Sulteng untuk warga yang tertimpa bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi oleh pemerintah Daerah maupun Pimpinan perusahaan terkait yang memiliki Hak guna atas tanah diwilayah yang telah ditentukan.

Pertemuan ini juga dihadiri Sekertaris Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Sigi, Eva Bande, Kepala Bagian Pemerintahan, Febriyanto, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah, Bunga Elim Somba, Walikota Palu Hidayat, dan para pimpinan perusahaan terkait diantaranya Direktur PT. Hasfarm Hortikultura Sulawesi, PT. Duta Dharma Bakti. (Awal)

BACA JUGA  Evakuasi Jenaza Pakai Motor, 4 Bhabin Dapat Reward dari Kapolres Sigi
loading...

Komentar