oleh

Pengungsi Huntara di Loli Pesua Harus Bayar Iuran Air Setiap Bulannya

Bagikan Artikel Ini

PALU – Penghuni Hunian Sementara (Huntara) desa Loli Pesua kecamatan Banawa Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, setiap kepala keluarga (KK) harus membayar iuran Rp.5.000 setiap bulannya untuk memebeli air bersih dari BUMDes Loli Pesua. Pembayaran itu dilakukan karena ketersedian air yang tidak mencukupi untuk penghuni Huntara.

“Terpaksa kita harus membayar Rp.5.000 setiap bulannya ke BUMDes untuk memenuhi kebutuhan air bersi, setiap KK itu wajib membayarnya jika ingin mendaptkan air bersih”, ujar Juradi selaku ketua Koordinator Huntara saat ditemui di Huntara desa Loli Pesua, Sabtu (17/8/2019)

Katanya, Desa Loli Pesua memiliki 7 petak huntara, setiap petaknya terdiri dari 12 Kamar dan ditempati sebanyak 84 KK yang tergabung dari dua desa, yakni desa pesua dan loli saluran.

Dia juga menjelaskan “Pada awalnya air di sediakan oleh pemerintah, karena air yang dari pemerintah sudah tidak ada lagi, penghuni huntara kemudian mengambil air dari pengunungan”.

“Tetapi pada akhir bulan juni, mulailah dilanda kemarau sehingga kami harus membayar kepada BUMDes setiap bulannya Rp.5.000/KK, dikarenakan BUMDes yang mengeluarkan modal awal, pastinya harus ada pemasukan ke BUMDes dan sebagai gaji dari pekerja BUMDes itu sendiri”, jelasnya

Namun katanya “Hingga saat ini masih juga sangat kekurangan air untuk kebutuhan sehari-hari, meskipun sudah di sediakan oleh BUMDes setiap harinya”, tandasnya

Menurutnya Kekurangan air itu dikerenakan harus berbagi dengan masyarakat sekitaran huntara yang juga masih kekurangan air “Taruhlah dalam 1 Kknya itu kebutuhan airnya 50 liter setiap harinya, kemudian di kalikan dengan 84 KK, jadi kurang lebih 4.200 Liter setiap harinya. Sedangkan air yang masuk hanya 2.500 Liter setiap hari, itu belum dibagi dengan masyarakat yang tinggal di sekitar pengungsian”, ungkapnya. (MF)

BACA JUGA  Pasca Gempa, Pemda Donggala Dinilai tidak Tanggap Selesaikan Soal Pendidikan di Pantai Barat
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 598
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru