oleh

Kominfo Sigi Luncurkan Surat Berbasis Elektronik

Bagikan Artikel Ini

SIGI – Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melalui Dinas Kominfo setempat meluncurkan Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Electronik (SPBE) yang dikemas dengan nama “SURABE” Surat berbasis elektronik.

Kata ‘Surabe’ sendiri diambil dari sebuah nama kuliner tradisional dibeberapa wilayah kecamatan di kabupaten Sigi, salah satunya adalah Desa Pakuli Kecamatan Gumbasa, yang sampai dengan saat ini masih eksis dipertahankan keberadaanya.

Lounching ini dilakukan tepatnya pada momen Hut Kemerdekaan RI ke 74, di Lapangan Sepakbola Desa Kotapulu, Dolo, Sabtu 17 Agustus 2019.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sigi, Anas Yalitoba mengatakan, program ini menindaklanjuti Pepres 95 tahun 2018 yang mana seluruh pemerintahan dari pusat sampai pemerintah daerah harus menyelenggarakan sistim pemerintahan berbasis elektronik.

“Olehnya saya melakukan sebuah inovasi kebijakan untuk menindaklanjuti teman teman yang punya aplikasi yang sampai saat ini belum punya kebijakan, selanjutnya mengadopsi sebuah aplikasi nasional tentang pelayanan administrasi perkantoran,” terang Anas.

Aplikasi berbasis elektronik ini lanjut Kadis, akan meningkatkan efesiensi waktu, biaya dan efektivitas administrasi perkantoran. Oleh karena aplikasi ini mudah diakses dimanapun dan kapanpun melalui internet dan ataupun intranet.

“Aplikasi Surabe ini digunakan sebagai alat administrasi perkantoran antara Bupati dan seluruh pejabat dan Organisasi Perangkat Daerah yang ada dibawahnya termasuk pemerintah desa,” terangnya.

Lanjutnya, Surabe juga akan mengefesienkan anggaran dalam pengunaan kertas, yang tentunya juga akan mengurangi belanja daerah.

Selain itu lanjut Kadis, implikasinya juga diharapkan bisa membantu program Sigi Hijau, dimana dengan berkurangnya penggunaan sampah-sampah kantor juga bisa meminimalisir pencemaran lingkungan.

“ Saat ini sampah-sampah kantor luar biasa, saya kira kalau kita kurangi penggunaan kertas, pencemaran lingkungan juga bisa berkurang,” terang Kadis Kominfo Anas Yalitoba.

BACA JUGA  Sigi Raih Penghargaan Bintang Dua Prestasi Kinerja dari Kemendagri

Peluncuran ini dihadiri Bupati Sigi Moh Irwan, Wakil Bupati Sigi Paulina, Ketua DPDR Sigi Moh. Rizal Intjenae serta anggota DPRD lainnya, Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri, Forkopimda Kabupaten Sigi, Sektaris Daerah Kabupaten Sigi, Ketua TP- PKK Sigi, Ketua IKKD, Dharma Wanita Sigi serta Para Pimpinan OPD. (Ardi)

loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 50
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru