oleh

Heboh, SPBU Imam Bonjol Palu Dibakar

Bagikan Artikel Ini

PALU – Seorang Pria yang diduga mengalami Depresi membuat heboh warga kota palu, pasalnya Pria yang mengaku warga Desa Sambo Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi ini secara sengaja memantik api pada nosel bensin yang mengakibatkan kebakaran di sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Palu Barat Kota Palu.

Aksi nekadnya menyebabkan api sempat membakar sebuah pompa minyak yang berisikan empat buah Nosel Presium,menghanguskan sebuah motor metic milik masyarakat yang sementara mengisi BBM serta menyebabkan kepanikan yang luar biasa di SPBU 74.942.02  tersebut,Selasa (05/02/2019) pukul 10.35 .

Menurut Sugeng, Operator SPBU yang merupakan saksi kunci dalam peristiwa tersebut mengatakan, Pria yang teridentifikasi bernama Takwin (31) sebelumnya tampak mondar mandir disekitar tempat pengisian BBM pada Nosel 1 dan 2 Premium, secara tiba tiba pelaku histeris dan merampas Nosel Premium yang sedang melakukan pengisian BBM pada tangka Mobil pelanggan.

Dalam aksi “Tarik menarik” nosel tersebut, tersangka berhasil menguasai nosel premium dan mematikkan api pada ujung nosel yang sedang mengeluarkan BBM jenis Premium, sontak saja api menyambar seluruh permukaan Pompa dan menyebabkan kepanikan pada lokasi pengisian di SPBU milik Ruli Lamadjido tersebut.

“Dia (Takwin) langsung bergelayut di selang nosel dan merampas nosel dari tangan saya, saat itu saya lagi melayani pelanggan untuk mengisi mobil, begitu nosel dia kuasai langsung dinyalakan korek api gas yang menyebabkan kebakaran hebat di pompa 1 dan 2 “ beber Sugeng, operator SPBU yang nyaris terbakar hidup hidup di polsek Palu barat.

“Begitu api menyala, saya dan operator lain langsung berlari menyelamatkan diri, demikian pula pelanggan yang sementara antri mengisi BBM,langsung kocar kacir menyelamatkan kendaraan masing masing “ tambahnya.

Kesaksian yang sama juga disampaikan Puput, salah satu operator wanita yang saat itu juga bertugas di pompa nosel premium,menurutnya kejadian pembakaran nosel pompa bensin berlangsung sangat cepat, bahkan dirinya hanya melihat sekilas dan lansung lari menyelamatkan diri dari kobaran api yang membakar pompa bensin tersebut.

“Saya lihat dia (pelaku) menarik slang nosel, kemudian mematik korek api gas, api menyambar dan saya langsung lari menyelamatkan diri “ ungkapnya.

Beruntung, seorang pengawas di SPBU tersebut berupaya memadamkan kobaran api dengan menyemprotkan Apar Foam,cairan pemadam kebakaran yang mengandung foam AFFF atau Cairan Busa ke pompa premiumyang terbakar,hasilnya api yang sempat membesar di badan pompa dapat dijinakkan.

Salah seorang warga palu utara,Husain yang saat kejadian berada tepat di hadapan Sugeng, operator yang melayani pelanggan saat kejadian tersebut menderita kerugian,sebuah sepeda motor miliknya hangus terbakar akibat jalaran api yang dipatik oleh pelaku.

“Saya mau ke kedukaan tadi,begitu isi bensin ,pelaku tiba tiba langsung datang dan menarik selang nosel,tiba tiba api menyala dan membakar motor saya yang sedang mengisi bensin tersebut,tangan saya ikut terbakar dan melepuh “ kata pria lanjut usia tersebut.

Tiga unit pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam kebakaran (Damkar) Kota Palu diterjunkan ke lokasi kebakaran,sebuah Mobil penyuplay Air milik Damkar Kota Palu juga turut dikerahkan guna mengantisipasi kebakaran lanjutan.

Pelaku usai membakar pompa bensin,lantas berteriak teriak dan melarikan diri ,warga yang berada disekitar SPBU langsung membekuk tersangka,di waktu yang bersamaan rombongan Polisi yang mengawal Kapolda Sulteng melintas di Jalan Imam Bonjol.

Spontan, aparat kepolisian yang dibantu warga membekuk pelaku dan mengamankan ke Polsek Palu Barat yang hanya berjarak 300 meter dari Tempat Kejadian Perkara (TKP), sejumlah aparat kepolisian dari Polsek Palubarat dan Polres Palu diterjunkan ke lokasi guna melakukan penyelidikan dan pengamanan lokasi.

Kapolsek palu barat,Iptu  Abdul Halik mengatakan pelaku diduga mengalami depresi ,karena dalam pemeriksaan awal pelaku yang merupakan warga Sigi tersebut memberikan keterangan yang berubah ubah dan tidak nyambung,bahkan terkesan berhalusinasi.

“Saat ditanya petugas,jawabannya tidak nyambung dan berubah ubah,dugaan sementara pelaku itu stress ,tetapi kita akan memeriksa kondisi tersangka lebih lanjut untuk mengetahui kondisi kejiwaannya “ Ujar Kapolsek Palu barat,Iptu Abdul Halik. (Portalsulawesi)

loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 470
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru