oleh

Hasil Pilkades Dibatalkan, Warga Tongoa Sigi Segel Kantor Desa

Bagikan Artikel Ini

SIGI – Masyarakat Desa Tongoa, Kecamatan Palolo, dikabarkan sempat menyegel kantor desa setempat karena tidak terima dengan keputusan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sigi yang membatalkan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di desa tersebut.

Masyarakat menginginkan, PMD Sigi turun langsung bersama Panitia Pilkades serta aparat desa untuk menyelidiki kebenaran laporan yang disampaikan oleh pihak penggugat.

Sedianya, Pilkades tersebut telah dimenangkan oleh Yanber Pasasa yang memperoleh 528 suara.

Sekretaris Panitia Pilkades Tongoa, Melkior Paja, Selasa (08/10), mengatakan, pembatalan hasil Pilkades itu karena adanya gugatan salah satu calon kades atas nama Dara Adinda Malonta yang memperoleh 521 suara.

Menurutnya, Dara Adinda Malonta menduga adanya warga di bawah umur yang ikut mencoblos saat Pilkades 22 Juli 2019 lalu.

“Inilah yang menyebabkan pemenang Pilkades Tongoa belum dilantik pada tanggal 04 September karena Dinas PMD membatalkan hasil Pilkades,” tuturnya.

Menurutnya, Panitia Pilkades yang berjumlah sembilan orang telah melaksanakan tugas sesuai aturan. Makanya, ia mengaku tidak memahami putusan yang dikeluarkan Dinas PMD dengan membatalkan hasil Pilkades.

“Kita sudah melaksanakan Pilkades ini dengan baik dan bisa dikatakan tidak ada pelanggaran yang terjadi. Adapun laporan yang disampaikan Dara Adinda soal pemilih di bawah umur, tidak kita tahu kebenarannya dan kami siap dikenakan sanksi hukum,” tegasnya.

Selama ini, lanjut dia, pihaknya juga tidak pernah dilibatkan oleh PMD untuk mencari tahu siapa anak di bawah umur yang ikut memilih tersebut.
“Sementara informasi yang diperoleh, pihak PMD, Camat Palolo dan sejumlah orang telah menemui anak tersebut. Tapi setidaknya ada koordinasi dengan kami dan juga Pemdes Tongoa, sehingga kita juga mengetahui benar ada terjadi kekeliruan atau kesalahan,” terangnya.

Padahal, kata dia, dalam pendataan pemilih, pihaknya tidak menemukan ada anak di bawah umur yang dimasukkan. (HDY)

Loading...
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 71
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru