oleh

Gempa 6,2 SR Guncang Halmahera

Bagikan Artikel Ini

JAKARTA — Gempa bumi bermagnitudo 6,2 skala richter (SR) terjadi di Halmahera, Maluku Utara pada Sabtu (14/9) malam, tepatnya sekitar pukul 23.21 WIT.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan gempa berada di kedalaman 10 kilometer (Km) di bawah permukaan laut. Tepatnya pada 0,89 lintang selatan dan 128,6 bujur timur.

“Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI,” demikian disebutkan dalam keterangn tertulis BMKG, Sabtu (14/9) malam.

Secara lebih rinci dipaparkan, gempa bumi berada 119 Km Timur Laut Halmahera Selatan-Maluku Utara, 125 Km Tenggara Labuha-Maluku Utara, 150 Km Tenggara Halmahera Tengah-Maluku Utara, 230 Km Tenggara Ternate-Maluku Utara, dan 2489 Km Timur Laut Jakarta.

Sebelumnya, gempa bumi bermagnitudo 5,0 SR juga mengguncang Kota Ternate, Maluku Utara, pekan lalu, tepatnya Kamis (5/9) pukul 03.20 WIT. Gempa tak berpotensi tsunami ini terjadi akibat pergeseran lempeng di laut Maluku. Warga diimbau untuk tetap waspada.

Tak berselang lama, tiga gempa mengguncang kabupaten Raja Ampat, Papua, Sabtu (7/9) dini hari, dengan getaran yang terasa hingga daerah Sorong.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong, gempa terbaru berkekuatan 4,2 SR terjadi pada hari ini, Sabtu (7/9), pukul 08.28 WIT dan tak berpotensi tsunami.

Melansir CNNIndonesia dilansir dari Antara, guncangan akibat gempa susulan dirasakan oleh warga di daerah Raja Ampat dan di Sorong. Beberapa warga merasakan getaran saat berada di dalam rumah. Gempa membuat beberapa benda yang bergantung bergoyang.

Gempa susulan 4,2 SR tersebut terjadi di koordinat 0.45 lintang selatan dan 130.64 bujur timur, yang berjarak 21 km barat Raja Ampat dan 82 km barat laut Sorong, dengan kedalaman 10 km. [***]

Loading...
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 235
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru