oleh

Ekonesia Gelar PRB Berbasis Komunitas

Bagikan Artikel Ini

SIGI – Yayasan Ekologi Nusantara Lestari (Ekonesia) bekerjasama dengan Yayasan Sheep Indonesia dan Pemerintah desa Bobo Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan kegiatan Lokalatih Pengurangan Resiko Bencana (PRB) berbasis komunitas di desa Bobo kecamatan Dolo Barar Kabupaten Sigi Sulteng. (15/8/2019).

Kegiatan tersebut diperuntukan untuk aparatur desa dan anggota BPD sebanyak 23 orang sebagai peserta.

Kegiatan itu menghadirkan Perwakilan BPBD Sigi Sri Idawati AM. Latjanbo Kabid Kesiap Siagaan dan Pencegahan sebagai pemateri, Sheep Indonesia Heri Sasmita Wibowo Koordinator Wilayah Yayasan Sheep Indonesia untuk Sulteng sebagai pemateri, Camat dolo barat Riadin, S.Sos., M.Si pemerintah desa sebagai peserta dan direktur ekonesia Azmi Sirajuddin selaku penyelenggara kegiatan.

Dalam kesempatan itu, direduktur ekonesia Azmi Sirajuddin membawakan sambutannya mengatakan “Kita hidup sebagai bangsa dan negara Indonesia yang secara alamiah tereletak di pertemuan lempeng besar dunia (Indo Australia, Pasifik, Eurasia), sehingga secara sunnatullah potensi gempa bumi selalu ada di sekitar kita”, terang Azmi mengawali sambutannya.

Namun bukan berarti kita harus pasrah dengan bencana, Kita mesti punya upaya atau ikhtiar untuk mengurangi dampak dari bencana.

“Salah satu bentuk upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat di level tapak adalah membangun dan mengembangkan pengetahuan tentang pengurangan risiko bencana (PRB) berbasis komunitas”, pungkasnya.

Menurut dia, Apa yang dilakukan hari ini di Desa Bobo, merupakan contoh bagaimana masyarakat dan aparat desa setempat bersama sama belajar bagaimana pengetahuan pengurangan risiko bencana bisa ditumbuh kembangkan di tingkat desa.

“Semoga upaya – upaya seperti ini ke depan dapat direplikasi di tempat lainnya”.

Mengakhiri sambutannya, Azmi berharap, Ekonesia bisa bersinergi antar pemangku kepentingan di level tapak dapat terbangun untuk pengurangan risiko bencana.

Dalam kesempatan itu juga, BPBD sigi Sri Idawati menyampaikan rasa terima kasihnya kepada yayasan Ekonesia yang sudah menyelenggarakan kegiatan lokalatih PRB berbasis komunitas tersebut, mereka merasa terbantukan dalam mensosialisasikan PRB, karena kegiatan ini salah satu fokus kerja BPD pasca benca 2018.

“Kegiatan ini sangat membantu BPBD sigi dalam mensosialisasikan Penguranagan Resiko Bencana, kami sangat berterimah kasih kepada Yayasan Ekonesia yang sudah menyelenggarakan di lingkup Kabupaten Sigi”. Ungkapnya.

Dia juga berharap Ekonesia kedepannya bisa bekerja sama dalam melakukan kegiatan – kegiatan edukasi kebencanaan untuk masyarakat sigi.

Senada dengan penyampaian BPBD sigi, Sekertaris desa bobo Zullfan juga menyampaikan ucapan terimah kasih kepada Yayasan Ekonesia.

“Kami berterimah kasih kepada Yayasan Ekonesia yang sudah memilih desa kami untuk melaksanakan kegiatan PRB ini, harapannya nya dari kegiatan ini kami aparat desa dan BPD mendapatkan pembelajaran yang baik terkait dengan PRB berbasis komunitas”. (Yahya Prianto)

Loading...
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 22
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru