oleh

EKONESIA Apresiasi Pembentukan Forum PRB Kabupaten Sigi

Bagikan Artikel Ini

SIGI – Yayasan Ekologi Nusantara Lestari (EKONESIA) mengapresiasi pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Sigi. Pembentukan FPRB Kabupaten Sigi disepakati oleh seluruh peserta yang hadir di Kongres Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Sigi, di lokasi wisata air panas Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, Rabu 4 September 2019.

Kongres Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Sigi secara resmi dibuka oleh Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata, didampingi oleh Kepala BPBD Sigi dan Perwakilan Islamic Relief. Salah satu agenda dari kongres ini adalah pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Sigi. “Forum ini akan menjadi wadah penggerak dan koordinasi bagi seluruh pemangku kepentingan di daerah ini dalam upaya pengurangan risiko bencana”, ujar Bupati dalam kata sambutannya.

Di sela- sela pelaksanaan kongres, Direktur EKONESIA Azmi Sirajuddin yang juga hadir sebagai peserta kongres, mengapresiasi pembentukan FPRB Kabupaten Sigi.

“Kita semua pekerja kemanusiaan sangat mengapresiasi pembentukan forum ini, karena memang sangat dibutuhkan sebagai wadah koordinasi di level kabupaten”, ujar Azmi.

Lebih lanjut, Azmi Sirajuddin menyampaikan, bahwa tantangan penaggulangan di Kabupaten Sigi tidaklah mudah. Mengingat situasi dan kondisi aktual wilayah Kabupaten Sigi yang memiliki potensi multi bencana.

“Saya kira dengan adanya Kongres PRB ini menunjukan bahwa Pemkab Sigi dan pemangku kepentingan di daerah ini sudah punya satu visi yang sama terkait pengurangan risiko bencana”, lanjut Azmi.

Pada akhir pelaksanaan kongres, telah ditetapkan 83 organisasi maupun institusi dari beragam latar belakang sebagai Anggota FPRB Kabupaten Sigi. Ada dari instansi pemerintah kabupaten, lembaga swadaya masyarakat, organisasi kepemudaan, lembaga adat, media massa serta Ormas Keagamaan dan beberapa lembaga kemanusiaan.

BACA JUGA  Pemkab Beri Penghargaan kepada ACT di HUT Sigi ke-11

Selain itu, juga telah ditetapkan Statuta, rumusan program utama, serta sejumlah rekomendasi strategik. Serta penunjukan formatur pengurus. (Yahya Prianto)

loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 18
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru