oleh

Dugaan Penyalahgunaan Anggaran di Desa Loru, Inspektorat dan Tipikor Kumpulkan Bukti

Bagikan Artikel Ini

SIGI – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama sejumlah tokoh masyarakat Desa Loru memenuhi undangan DPRD Sigi dalam rangka Rapat Dengar Pendapat (RDP), Rabu (31/09), terkait penggunaan anggaran desa yang diduga tidak sesuai dengan program yang telah ditetapkan.

Inspektur Inspektorat Sigi, Hendro yang turut hadir dalam RDP tersebut, mengatakan, saat ini telah dibentuk tim yang di dalamnya terdapat Inspektorat dan Tipikor Polres Sigi yang akan bekerja mengumpulkan bukti-bukti atas laporan BPD Loru yang telah disampaikan sebelumnya.

“Sebelum pertemuan ini, kita juga sudah menerima surat dari BPD Loru. Pihak Tipikor pun sudah datang ke kami untuk melakukan penguatan data,” kata Inspektur Inspektorat Sigi, Hendro.

Sementara Ketua BPD Loru, Idrus, mengatakan, persoalan ini sebenarnya telah disampaikan beberapa kali di tingkat kecamatan maupun desa, namun Camat Sigi Biromaru Ruslan kurang menanggapi serius, sehingga pihaknya pun membuat surat laporan ke Bupati, DPRD, Inspektorat, PMD, Tipikor, kejaksaan, bahkan BPK hingga Gubernur.

“Jauh sebelumnya, aksi protes itu juga dilakukan dengan menyegel kantor desa agar persoalan yang terjadi di Pemdes Loru dapat diselesaikan,” ujarnya.

Senada dengan ketuanya, anggota BPD Loru, Nasir, mengatakan, pihaknya juga sudah pernah memanggil Kades Loru untuk membicarakan persoalan tersebut, tetapi yang bersangkutan tidak pernah hadir setiap dilakukan pertemuan.

“Beberapa kali kami panggil Kades tapi tidak mau hadir,” kata Nasir.

Terkait itu, Ketua Komisi I, Ilyas Nawawi meminta kepada masyarakat Desa Loru untuk tetap bersabar dan menunggu hasil kerja tim yang telah dibentuk.

“Warga Loru untuk tetap beraktifitas seperti biasa dan biarkan tim yang akan melihat apakah ada pelanggaran yang dilakukan atau tidak. Bila ada indikasi hukum, maka sudah pasti akan ditindaklanjuti. Jadi yang turun ini bukan kaleng-kaleng, karena Tipikor langsung. Tinggal BPD siapkan data saja,” terangnya.

BACA JUGA  Pemkab Sigi Dapat Bantuan Mobil Sampah dari ERCB

RDP kemarin juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Sigi Jamaludin L. Nusu dan Moh Umar serta sejumlah anggota komisi I yang menangani pemerintahan, Kadis PMD Sigi, Anwar dan perwakilan Camat Sigi Biromaru. (HDY)

loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 92
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru