oleh

DPRD Sigi Gelar Paripurna Ranperda Pedoman Tata Cara Pembentukan Bumdes

Bagikan Artikel Ini

SIGI – DPRD Sigi gelar Paripurna pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Sigi, tentang Pedoman Tata Cara Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Rapat yang berlangsung di ruang Paripurna Senin (25/02) itu, di pimpin Wakil Ketua DPRD Sigi Moh Umar, wakil Bupati Sigi Paulina dan dihadiri 16 orang anggota DPRD Sigi lainnya.

Ketua Badan Pembentukan Daerah Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sigi Budi Luhur Larengi menjelaskan, pengajuan Raperda tentang Bundes diantaranya bahwa, penegembangan Bundes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga ekonnomi, serta merupakan alat pendayaa gunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa.

“Sehingga menjadi tulang punggung perekonomian desa, dalam rangka peningkatan pendapatan desa dan bertujuan untuk mensejahterkan masyarakat desa” jelas Budi Luhur.

Paripurna yang dihadiri sejumlah pimpinan OPD itu lanjut Budi Luhur, Bumdes juga merupakan pilar kegiatan ekonomi, atau sebagai sokogoru perekonimian di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan lembaga komersial.

Lembaga sosial jelas Budi, berpihak pada kepentingan masyarakat melalui kontribusi dalam penyediaan pelayanan sosial, dalam rangka meningkatkan peningkatan pendapatan asli desa. Sedangkan sebagai lembaga komersial, bertujuan untuk mencaari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal berupa barang dan jasa ke pasar.

“Jadi tujuan pendirian Bundes diantaranya, untuk meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonimi desa,” jelasnya.

“Serta pengembagan rencana kerjasama antara desa, atau dengan pihak ketiga menciptakan peluang dan jaringan pasar, yang mendukung kebutuhan layanan untuk warga masyarakat, membuka lapangan kerja” tambahnya. (Ardi)

BACA JUGA  Rakerda UMKM Sigi Digelar
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 30
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru