oleh

Dana Stimulan Tahap I Segera Cair

Bagikan Artikel Ini

SIGI – Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi Musmiyanto, mengatakan, dana stimulan rumah Rusak Berat (RB) tahap 1 akan segera dicairkan.

Secara keseluruhan dana stimulan bantuan rumah rusak berat yang akan dicairkan pada tahap 1 ini sebesar Rp82 miliar, dengan jumlah penerima sebanyak 1062 KK. Setiap KK akan menerima bantuan sebesar Rp50 juta

Namun sebelum dana itu dicairkan ke masyarakat, BPBD Sigi terlebih dahulu memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang mekanisme penyaluran dana stimulan tersebut sesuai petunjuk pelaksanaan (juklak).

Menurut Mus, sapaan akrabnya, Selasa (14/05), dana stimulan tidak diberikan tunai kepada masyarakat, melainkan melalui kelompok atau Pokmas. Pokmas, kata dia, terdiri dari 10 sampai 25 Kepala Keluarga (KK) yang lokasi rumahnya berdekatan.

“Pokmas nantinya akan ditetapkan kepala desa (kades) dengan surat keputusan (SK). Nantinya, dana stimulan akan dicairkan melalui rekening Pokmas,” ucapnya.

Mus menyebutkan, tugas Pokmas akan didampingi Tim Pendamping Masyarakat (TPM) yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Kejaksaan, OPD teknis daerah dan kecamatan. Selain itu juga akan dibantu tim fasilitator yang direkrut BPBD berdasarkan keahlianya yang bertugas memfasilitasi masyarakat dalam pembangunan rumah pascabencana,

Sementara untuk pembangunannya, kata Mus, rehabilitasi dan rekonstruksi rumah rusak berat korban bencana akan dibangun di lokasi semula atau disebut In-Situ.

“Kalau lokasi masuk zona merah, maka bantuan dana stimulanya akan dialihkan,” tuturnya.

Mus menyatakan, dana stimulan ini merupakan bantuan hibah langsung dari luar negeri sehingga harus mengikuti juklak yang diberikan oleh pemberi hibah dalam proses penyaluranya kepada masyarakat. (HDY)

Loading...
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 41
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru