oleh

Badan Keuangan dan Aset Daerah Sigi Kembali Berinovasi

SIGI, Infopena.com – Setelah berhasil uji coba pelaksanaan transaksi non tunai pada tahun anggaran 2018 kemarin, Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sigi kembali berinovasi.

Untuk tahun anggaran 2019 ini, Badan yang dipimpin Hj.Hajar Modjo ini akan kembali melakukan perbaikan di bidang penegelolaan ke uangan daerah Kabupaten Sigi.

Seperti di ungkapkan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sigi Hj.Hajar Modjo Jumat, (8/2/2019) bahwa untuk tahun 2019, akan menerapkan pelaksanakan non kertas atau peperlist.

Dengan penerapan ini, maka dokumen yang disampaikan ke keuangan itu tidak lagi se detail seperti tahun sebelumnya.

“Dengan menerapkan pelaksanakan paperlist ini, semua dukumen di OPD itu akan diarsipkan dalam bentuk fail PDF. Jadi tidak lagi harus membawa domumen ke keuangan itu sampai 4 rangkap,”terang  Hajar Modjo.

Selain itu kata dia, juga akan menghindari resiko kerusakan dokumen, waktu, biaya foto copy maupun resiko lainnya.

Hajar mencontohkan saat terjadi bencana gempa pada 28 September beberapa waktu, sejumlah dokumen rusak bahkan hilang.

“Kemudian dari sisi pergudangan, gudang kami saja baru dua tahun menjabat itu sudah mau hamper penuh. Dengan penerapan seperti ini tidak lagi penuh dan pengarsipan melalui fail dalam bentuk PDF juga akan mengurangi biaya. Dari sisi pelayanan juga lebih cepat,” terangnya.

Untuk menerapkan ini lanjutnya, pihaknya gelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) pada Jumat (8/2) kemarin yang dibukan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, di ikuti oleh pejabat penatausahaan keuangan dan bendahara pengeluaran/penerimaan setiap OPD.

“Penerapan ini butuh penguatan untuk seluruh OPD, makanya kami adakan kegiatan Bimtek ditataran pengelola keuangan supaya mereka ini siap,” tambahnya. (Awal)

BACA JUGA  Kampanye Damai, KPU Komitmen Jaga Integritas dan Independensi
loading...

Komentar