oleh

Anak 17 Tahun Jadi Otak Curanmor Palu-Sigi

Bagikan Artikel Ini

SIGI – Aksi kriminal di Sulawesi Tengah tidak lagi mengenal usia. Bahkan anak berusia 17 tahun menjadi otak dibalik pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di wilayah Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Hal ini terungkap setelah Polres Sigi berhasil melakukan penangkapan Lima orang pelaku spesialis Curanmor, Sabtu (29/6/2019). Satu diantaranya, yakni IR (17) masih tercatat sebagai anak berhadapan dengan hukum (ABH).

Dihadapan Polisi, IR (17) mengaku sudah melakukan pencurian sebanyak 45 kali. Rata-rata motor yang dicuri merupakan motor jenis matic Mio Sporty.

“Mio gampang dicuri, biasanya pakai kunci T atau gunting. Yang penting motornya tidak memiliki pengaman ganda,” Aku IR dihadapan Kapolres Sigi saat konferensi pers, dihalaman Mako Polres Sigi, Senin (8/7/2019).

Ironisnya lagi, IR juga merupakan residivis sebanyak tiga kali dengan kasus pencurian rumah kosong dan jambret.

“Harganya motornya bervariasi, 1 juta sampai 2 juta rupiah. Uangnya untuk pakai sehari dan membeli shabu-shabu,”terang IR.

Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri, ST., SH., MH., mengungkapkan, selain IR, pelaku lainnya adalah, GA (18), FA (20) , AR (18), dan ZI (20).

“IR ini adalah otak sekaligus eksekutornya. Dia ditangkap sudah ketiga kalinya dan ini merupakan aksi pencurian terbesarnya,”ungkap Kapolres Wawan.

Para pelaku melancarkan aksinya di 45 Tempat Kejadian Perkara (TKP), 30 motor di wilayah Palu, dan 15 motor di wilayah Sigi.

“Sementara ini ada 15 unit motor yang disita, sisanya masih tahap pengembangan. Untuk pasal yang disangkakan yakni Pasal 363 ayat (1) ke 3, ke 4, Ke 5 KUH Pidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” jelasnya. (Ardi)

BACA JUGA  82 Orang Dinyatakan Meninggal Akibat Gempa Lombok
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 438
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru