oleh

9 Kerangka Korban Likuifaksi Petobo Dievakuasi, Dua Masih Utuh

Bagikan Artikel Ini

PALU – Tim SAR gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu, berhasil mengevakuasi empat kerangka manusia di bekas likufaksi Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Senin (17/6/2019) petang.

“Kemarin lima kerangka yang kami evakuasi. Hari ini yang berhasil kami evakuasi sebanyak empat kerangka. Jadi dengan kemarin (Minggu, 16/6/2019), sudah 9 kerangka korban likuifaksi yang berhasil dievakuasi,” terang Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu, Drs Sudaryano Lamangkona yang konfirmasi, Senin (17/6/2019) malam.

Ia mengatakan, evakuasi yang dimulai sekira Pukul 14.00 Wita itu sebagai tindaklanjut atas penemuan kerangka Minggu (16/6/2019) kemarin.

Menurut Sudaryano yang akrab disapa Annno, dua kerangka masih utuh, sehingga mudah dikenali.

“Masih utuh dalam artian kerangkanya tidak terpisah-pisah. Meski daging tubuh korban sudah hancur, tetapi masih ada sisa-sisa beserta pakaian korban sehingga mudah dikenali,” katanya.

Dari empat kerangka yang dievakuasi hari ini tambah Anno, tiga diantaranya diperkirakan perempuan dan satu laki-laki, yang ditandai dari rambut panjang serta pakaian yang dikenakan korban.

Saat ini, proses evakuasi kerangka jenazah di bekas likuifaksi Kelurahan Petobo telah dihentikan, mengingat proses penggalian sudah menemukan dasar tanah dan alat berat yang dipakai menggali reruntuhan bangunan bukan alat disediakan pemerintah.

“Sementara penggalian sudah hentikan, karena alat berat itu hanya disewa warga yang mencari anggota keluarga mereka yang dievakuasi sebelumnya,” tuturnya.

Saat ini, masih ditunggu pengakuan dari pihak keluarga korban. Jika tidak keluarganya, maka pemerintah akan memakamkannya tulang di pemakanan massal Kelurahan Poboya.

Seperti diketahui, gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang terjadi 28 September 2018 lalu telah yang meluluhlantakan Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan sebagian wilayah Parigi Moutong. Hingga saat ini masih banyak korban yang belum ditemukan, termasuk di bekas likuifaksi Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu. [***]

BACA JUGA  Cerita Korban Tsunami Palu yang Selamat Digulung Ombak Hingga Kehilangan Istri
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 464
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru