oleh

Jika Belum Dapat 2020, Pekerja/Buruh Bisa Dapat BSU 2021 Asalkan Syarat Ini Terpenuhi

JAKARTA – Pekerja atau buruh yang memenuhi seluruh persyaratan BSU 2021 atau BLT subsidi gaji berhak mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu per bulan.

Jumlah itu akan dibayarkan secara sekaligus satu kali transfer. Sehingga total yang didapatkan penerima sebesar Rp1 juta.

Banyak yang bertanya, apakah pekerja/buruh yang tahun lalu belum mendapatkan BSU, pada tahun ini bisa mendapatkan BSU 2021?

Menanggapi hal tersebut, pihak Kemnaker menyampaikan, pekerja/buruh yang belum mendapatkan BSU 2020 bisa dapat BSU 2021 selama memenuhi syarat.

“Hai rekan, babi pekerja/buru pada tahun 2020 belum mendapatkan BSU sepanjang sesuai dengan kriteria BSU 2021, (seperti bessrnya gaji, sektor usaha dan wilayah) bisa mendapatkan BSU 2021”, demikian disampaikan pihak Kemnaker dikutip Jumat, 20 Agustus 2021.

Berikut syarat dapat BSU 2021 atau BLT subsidi gaji:

  1. Persyaratan yang dimaksud yaitu WNI dibuktikan dengan NIK.
  2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan, dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan sampai dengan Juni 2021.
  3. Pekerja/buruh yang berhak mendapatkan bantuan harus mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta. Dengan ketentuan, pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP atau UMK lebih besar dari Rp3,5 juta, maka persyaratan gaji/upah tersebut menjadi paling banyak sebesar UMP atau UMK dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.
  4. Persyaratan lainnya, yaitu pekerja yang bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan Pemerintah sebagaimana dalam Lampiran I Permenaker Nomor 16 Tahun 2021.
  5. BSU 2021 atau BLT subsidi gaji tahun ini diutamakan untuk pekerja/buruh yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti, dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan.
BACA JUGA  Kemnaker Terima Data BSU 2021, Ini Kriteria Calon Penerima Subsidi Gaji

Jika sudah memenuhi syarat si atas, pekerja bisa mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan, dengan langkah sebagai berikut:

  • Masuk ke laman BPJS Ketenagakerjaan https://www.sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Pilih menu registrasi atau daftar pengguna
  • Pilih salah satu dari tiga segmen yang sesuai dengan status Anda, yaitu Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU), dan Pekerja Migran Indonesia (PMI)
  • Masukkan alamat email, kemudian tekan tombol “Kirim”
  • Verifikasi dengan cara masukkan kode OTP yang dikirimkan ke e-mail Anda
  • Isi formulir sesuai dengan data yang terdiri dari:
  1. Nama
  2. Tanggal lahir
  3. Nomor KTP elektronik
  4. Nama ibu kandung
  5. Nomor ponsel dan e-mail

Jika sudah terdaftar, pekerja bisa langsung login di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dengan mengisi email dan password, serta centang kode captcha “Saya bukan robot”, kemudian klik Login.

Setelah login berhasil, pilih menu Kartu Digital untuk melihat status kepesertaan serta rincian informasi lain seperti di mana Anda bekerja, upah yang diterima, dan pembayaran iuran terakhir.

Terdapat pula menu Bantuan Subsidi Upah yang menginformasikan apakah pekerja lolos atau tidak dalam verfikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima BSU 2021.

Jika lolos, kalian akan melihat pesan sebagai berikut:

Anda lolos verfikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk verifikasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Proses verfikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 16 tahun 2021.

Namun, jika masih menunggu data akan diverifikasi terlebih dahulu oleh BPJS Ketenagakerjaan terdapat pesan seperti ini:

Data yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan, masih dalam verifikasi persyaratan sesuai Permenaker Nomor 16 tahun 2021.

Jika Belum Dapat 2020, Pekerja/Buruh Bisa Dapat BSU 2021 Asalkan Syarat Ini Terpenuhi 1

Komentar