oleh

5 Tips Balik Kerja di Kantor Dengan Aman di Masa Pandemi COVID-19

Walaupun di masa pandemi COVID-19 yang masih belum selesai saat ini, namun faktanya tak sedikit juga yang sudah mulai kerja di kantor lagi seperti biasa.

Dan tak memungkiri bagi kita-kita yang termasuk sudah kerja di kantor lagi tersebut, masa-masa adaptasi terutama, untuk tetap aman selama bekerjanya, sangatlah sulit.

Akan tetapi sebenarnya sih hal ini tidaklah terlalu sulit. Asalkan kita mennjalankan 5 tips balik kerja di kantor dengan aman berikut ini.

1. Tetap Mengenakan Masker

Tips balik kerja di kantor dengan aman di masa pandemi COVID-19 yang pertama adalah dengan tetap mengenakan masker selama di dalam kantornya.

Dan hal ini sebenarnya tidaklah perlu diingatkan lagi. Karena hal ini sudah bagaikan mencuci tangan dulu sebelum makan. Jadi seharusnya, sudah langsung otomatis saja. Kalaupun katakanlah nantinya pandemi telah berakhir, WAJIB untuk tetap mengenakan maskernya.

Karena selain pandemi belum tentu sudah pulih 100%, juga tak menutup kemungkinan, masih ada beberapa rekan kita yang mungkin masih menderita COVID-nya.

2. Selalu Mencuci Anggota Tubuh Setelah Melakukan Aktivitas Apapun

Mau itu baru selesai presentasi, baru mengetik pekerjaan, sholat di Musholla, apalagi salaman dengan mengepalkan tangan, WAJIB kita setelahnya untuk mencuci tangan, atau anggota tubuh manapun yang terkena kontak fisiknya.

Bahkan kalau memang memungkinkan, langsung saja mandi kamar mandi kantor. Tapi di saat yang sama, selalu waspada juga dengan berbagai sisa kuman (germs) yang menempel di berbagai perangkat bersih-bersihnya oke?

3. Tetap di Kubikal Masing-Masing

Ya saya tahu. Pastinya kita merasa kangen banget untuk bersosialisasi dengan rekan-rekan di kantor. Rasanya kita ingin mengobrol, salaman, ketawa-ketawa, bahkan memberikan tepukan atau pelukan bersahabat.

BACA JUGA  Pemkot Rilis Wilayah Zona Merah di Palu

Tapi ya saya benci untuk mengatakan ini. Untuk masa-masa yang masih genting ini, sayangnya hal ini masih belum bisa kita lakukan. Oleh karenanya, tetaplah di kubikal kita. Apabila memang membutuhkan bantuan, bisa melalui aplikasi chat, atau saling berteriak (namun tetap sopan ya!).

4. Langsung Pulang

Masih ada kaitan 11-12 nya dengan poin ketiga. Dulu-dulu biasanya setelah pulang kantor, kita akan hangout dulu dengan teman-teman kantor baik di dalam maupun luar kantor.

Tentunya aktivitas ini agar bisa menghilangkan kepenatan setelah 8-10 jam lamanya bekerja di kantor, serta juga untuk mempererat tali persahabatan dengan kawan kita tersebut. Akan tetapi sekali lagi, untuk aktivitas bersosialisasi seperti ini, saat ini sangat tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Sehingga dengan sangat terpaksa, ya apabila sudah waktunya pulang, ya langsung pulang saja. Atau kalau memang mau jalan sebentar ke mall atau kemanapun untuk menghilangkan kepenatan, ya lakukan saja secara individual terlebih dahulu.

Nantiya kalau pandemi ini sudah usai, kita semua bisa lagi bukan bersosialisasi dan bercanda ria seperti dulu?

5. Membawa Makanan Dari Rumah

Tak memungkiri kalau kita di kantor, kita selalu makan siang di kantin atau makan di restoran sekitar lingkungan perkantoran. Well, untuk di zaman pandemi seperti sekarang, sebaiknya berhenti dulu deh untuk melakukan “ritual” harian ini.

Karena seperti kita tahu potensi terkena COVID-19 ketika kita keluar-keluar sangatlah besar. Lebih baik buat atau masak saja makanan dari rumah sebagai bekal untuk di kantornya. Tidak usah malu, atau bagaimana-bagaimana. Semua rekan dan bahkan bos kantor juga pasti paham dengan situasi yang juga mereka hadapi ini.

Itulah tadi 5 tips balik kerja di kantor dengan aman selama masa pandemi COVID-19 ini. Semoga pembahasannya bermanfaat!

Komentar

Masih Hangat