ASN di Gorontalo Diminta Cek NIK Terdaftar di Parpol Atau Tidak

GORONTALO – Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Gorontalo diminta melakukan cek Nomor Induk Kependudukan (NIK) jika terdaftar di partai politik (Parpol).

Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer ingin memastikan semua aparaturnya steril dari keanggotaan parpol. Mengecek NIK dapat dilakukan dengan mengakses https://infopemilu.kpu.go.id/pemilu/Cari_nik.

Untuk ASN yang terdaftar namun tidak atas keinginannya sendiri bisa melapor ke KPU setempat. Sebaliknya, bagi ASN yang terdaftar atas keinginannya sendiri siap siap diberi sanksi.

“Saya minta seluruh ASN Pemprov Gorontalo untuk segera mengecek nama Anda, apakah terdaftar sebagai anggota parpol atau tidak,” kata Hamka, Rabu (21/9 2022) seperti melansir Infopublik.

Terpisah, Ketua KPU Bone Bolango Adnan Berahim meminta ASN untuk intens mengecek data diri di Sipol KPU hingga tanggal 1 Oktober 2022. Pasalnya, saat ini semua parpol sedang mengisi data anggota parpol sebagai bagian dokumen persyaratan calon peserta pasa pemilu 2024.

“Masyarakat bisa melakukan pengecekan di Sipol KPU setiap hari, karena sejak 15 sampai 28 September 2022 parpol sedang melakukan perbaikan dokumen persyaratan calon peserta pemilu dengan memasukkan data anggota partai politik. Jangan sampai hari ini tidak terdaftar, tapi 28 September terdaftar,” katanya.

Beberapa nama ASN disinyalir masuk daftar keanggotaan Parpol. Naasnya lagi, mereka tidak mengetahui jika NIK mereka dicatut dan didaftarkan sebagai anggota parpol. Beberapa TPK sudah melaporkan kejadian itu ke KPU dengan menandatangani Surat Pernyataan.

Komentar