Mulai April 2025, Mobil Listrik di Inggris Dipungut Cukai

Inggris tidak lagi membebaskan cukai bagi mobil listrik. Ini akan diberlakukan mulai bulan April 2025 mendatang.

“Mobil listrik tidak akan lagi bebas cukai mulai April 2025. Langkah ini bertujuan untuk membuat sistem pajak mobil lebih adil,” kata Kanselir Menteri Keuangan Inggris, Jeremy Hunt dikutip dari Techgoing, Ahad, 20 November 2022.

Jeremy Hunt mengatakan, Office of Budgetary Responsibility (OBR) memperkirakan setengah dari semua mobil baru akan menggunakan listrik pada tahun 2025.

“Jadi, untuk membuat sistem pajak mobil kami lebih adil, saya telah memutuskan bahwa sejak saat itu, mobil listrik tidak lagi dikenakan pajak gratis,” ujarnya.

Untuk diketahui, VED (Vehicle Excise Duty) adalah pajak yang dikenakan pada kendaraan di jalan Inggris Raya. Sejauh ini Mobil listrik di Inggris bebas pajak.

Dengan rencana Inggris yang baru diumumkan, mobil listrik juga akan membayar bea cukai mulai April 2025, dengan biaya minimum £10 (setara Rp185 ribu) dibayarkan pada tahun pertama, secara bertahap meningkat menjadi biaya standar saat ini sebesar £165 (setara Rp2,9 juta). Tarif standar juga berlaku untuk mobil listrik yang pertama kali didaftarkan setelah April 2017.

Selain itu, pengecualian mobil listrik dari biaya tambahan mobil mahal dicabut. Ini berarti bahwa setiap pemilik yang membeli mobil listrik dengan harga lebih dari £40.000 akan menghadapi bea cukai £165 dan biaya layanan £355 yang lumayan (antara tahun kedua dan keenam pendaftaran mobil baru).

Inggris berencana akan melarang penjualan mobil bensin dan diesel baru mulai tahun 2030. Dengan demikian, hanya dalam waktu 5 tahun, pemilik mobil listrik akan berubah dari tidak membayar pajak atas mobil mereka menjadi membayar pajak yang sama atas seperti pemilik mobil bensin atau diesel. Beberapa otoritas telah memperingatkan bahwa langkah tersebut akan mengurangi insentif bagi orang untuk beralih ke mobil listrik.

Komentar