oleh

Apakah Masturbasi Bisa Meningkatkan Imun Tubuh Kita?

Apakah aktivitas masturbasi memang bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh kita? Ya inilah penyataan sekaligus pertanyaan yang erring kita dengar dan menghantui benak kita selama beberapa bulan belakangan.

Ada yang bilang pernyataan ini fakta, namun banyak juga yang mengatakan kalau pernyataan ini 100% hoax. Jadi yang manakah yang benar disini? Well, daripada bingung sana dan sini, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Berdasarkan Studi Ilmiah

Jadi melansir artikel Advocate.com yang dipublikasikan pada bulan Maret 2020, Pada tahun 2004, sebuah studi dilakukan oleh Departemen Psikologi Medis dari Universitas Clinic of Essen di Essen, Jerman.

Mereka melakukan studi terkait dampak masturbasi terhadap sirkulasi limfosit dan produksi sitoksin dalam pria yang semua organnya sehat.

Dan dari studi tersebut, ditemukan bahwa kurang lebih 45 menit setelah bermasturbasi atau setelah orgasme, kadar sel darah putih yang dimiliki si pria yang bermasturbasi ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Nah seperti kita ketahui, sel darah putih di dalam tubuh, berfungsi sebagai tembok pertahanan tubuh terhadap virus, bakteri, atau hal-hal asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Atau dengan kata lain, sel darah putih adalah yang bertugas sebagai sistem imun di dalam tubuh kita.

Studi Mendukung Lainnya

Sebuah studi atau penelitian lain yang juga dilakukan di tahun 2004 kurang lebih, juga berpendapat sama.

Spesifiknya, melalui jurnal studi yang diberi nama Neuroimmunomodulation, terungkap kalau rangsangan seksual dan orgasme, bisa mengaktifkan seluruh komponen yang berada dalam sistem imun tubuh kita.

Walau studi ini dilakukan dalam skala kecil, namun para peneliti menemukan kalau masturbasi meningkatkan jumlah leukosit (sel darah putih) di dalam tubuh kita.

BACA JUGA  Kapolres Banggai Tinjau Langsung Pos Penyekatan di Perbatasan

Menurut terpais seks, Britney Blair, PsyD, aktivitas seks baik solo (masturbasi) maupun berpasangan, bisa mengurangi stres yang mungkin sedang kita rasakan. Selain itu menurutnya juga, aktivitas seks juga bisa menjadi olahraga.

Yang mana spesifiknya, olahraganya baik banget untuk kesehatan jantung, paru-paru, dan seluruh sistem imun kita. Selain itu faktanya, aktivitas masturbasi juga bisa membuat kita setelahnya menjadi lebih nyenyak tidurnya.

Meningkatkan Imun & Meminimalisir Potensi COVID-19

Nah dari penejasan tersebut, maka jelas sudah kalau masturbasi, faktanya memang meningkatkan imun tubuh secara signifikan.

Dan berdasarkan hal tersebut, well, rasanya saya disini bisa menganjurkan untuk melakukan aktivitas masturbasi ini. TAPI INGAT! Bukan lantas kita terus-terusan setiap hari dan setiap saat. Hal itu tentunya juga sangat tidak baik dan merugikan fisik dan mental.

Ya setidaknya satu minggu 1-2 kali sudah cukup. Toh imunitas juga bukan hanya diperoleh dari masturbasi bukan? Makan makanan sehat, tidur cukup, berolahraga, beribadah, bernyanyi, nonton yang lucu-lucu, adalah aktivitas lain yang juga bisa meningkatkan sistem imun kita.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan tentunya, membuat kita selalu terhindar dari COVID-19 amin.

Komentar

Masih Hangat