7 Lagu Terbaik Deep Purple yang Sangat Hit

Lagu terbaik Deep Purple kalau kita pikir jumlahnya ada banyak. Hal ini dikarenakan band heavy metal legendaris asal Inggris ini memang memiliki pustaka lagu yang asyik-asyik.

Kalau tidak demikian, ya mana mungkin juga lagu-lagunya masih terus kita dengar hingga detik ini bukan? Bahkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saja adalah salah satu fans dari lagu-lagu band yang ngetop di dekade 70an ini.

Namun dari sekian banyak lagu-lagunya yang keren tersebut, berikut adalah 7 lagu terbaik Deep Purple yang sangat nge-hit versi InfoPena.

7. Hush (1968)

 

Lagu terbaik Deep Purple yang sangat hit dan enak pertama adalah ‘Hush.’ Lagu ini sebenarnya merupakan versi cover. Aslinya, ‘Hush’ merupakan lagu milik solois bernama Billie Joe Royal yang dirilis setahun sebelumnya, 1967.

Lagu ini memiliki komposisi hard dan psychedelic rock layaknya sound lagu-lagu era 1966-1969. Selain itu Hush juga memiliki lirik yang sangat “irit.” Sehingga kita pun bisa menghafalkannya dengan sangat mudah.

6. Black Night (1970)

 

Lagu terbaik Deep Purple yang sangat hit dan enak selanjutnya adalah nomor hard rock yang juga masuk ke rana heavy metal ini.

‘Black Night’ juga seperti ‘Hush,’ merupakan lagu yang irit lirik. Walau demikian, lagu ini tetap terdengar dan terasa sangat cadas. Pokoknya nge-rock banget.

Kalau gak sampai mengangguk-anggukan kepala (headbanging) sendiri, maka bisa dikatakan kalau kalian “aneh” banget.

5. Burn (1974)

 

Lagu ini kalau kalian pertama kali dengarkan, pasti akan ada 2 hal yang langsung terngiang di benak. Pertama adalah lagu ini memiliki vibe seperti sedang menyaksikan balapan mobil di sirkuitnya.

Kedua, ketika mendengarnya kita pastinya serasa langsung familiar dengan suara vokalnya. Ya untuk lagu ini sosok vokalisnya bukanlah Ian Gillan lagi. Melainkan adalah David Coverdale.

Coverdale adalah sosok vokalis yang pada tahun 1978 membentuk serta menjadi vokalis band hard rock bernama Whitesnake. Ya benar sekali. Yang lagu hitnya, ‘Here I Go Again’ (1982 & 1987) itu.

Dan siapa sangka vokal Coverdale yang jauh lebih berat dan ber-vibrato tersebut, bisa mix & match banget dengan sound hevy metal khas Deep Purple yang super kasar itu? ‘Burn’ sekali lagi, sukses membuktikan hal tersebut.

4. Woman from Tokyo (1973)

 

Mau kamu adalah fans Deep Purple atau bukan, pastinya kamu pernah mendengarkan ‘Woman from Tokyo.’

Ya lagu yang berasal dari album ke-7, Who Do We Think We Are (1973) ini, merupakan nomor super terkenal dari grup saingan Led Zeppelin ini.

Komentar