7 Buah di Pasaran Ini Baik Turunkan Cholesterol Tinggi

Cholesterol adalah zat alami yang ada pada tubuh. Tetapi, bila terlalu berlebih pada darah akan mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Keadaan itu akan membuat saluran darah terusik dan pada akhirnya batasi konsumsi ke jantung.

Untuk menghindar serangan jantung karena persempitan pembuluh darah karena itu disarankan untuk konsumsi buah-buahan. Buah-buahan memiliki kandungan serat yang terlarut air. Serat terlarut air bisa mengikat asam empedu hingga bisa turunkan peresapan lemak dan Cholesterol pada darah. Buah-buahan apa sajakah? Baca penjelasannya berikut ini!

1. Apel

Buah apel dikenal baik untuk menurunkan kandungan cholesterol yang tinggi, khususnya kulit apel. Kulit apel memiliki kandungan pektin, yakni salah satunya tipe serat terlarut yang bisa dibuktikan bisa turunkan kandungan cholesterol sampai 10 %. Pektin menolong menyerap kandungan cholesterol dan lemak jahat pada tubuh melalui urin dan feses.

2. Alpukat

Tidak kalah dengan buah yang lain, alpukat mempunyai banyak faedah. Alpukat adalah buah yang dikenali baik untuk turunkan kandungan cholesterol yang tinggi.

Alpukat kaya akan vitamin, mineral dan senyawa yang menghalangi peresapan cholesterol pada tubuh. Dengan konsumsi alpukat dengan teratur bisa menolong turunkan Cholesterol jahat (LDL).

3. Pir

Jangan salah, pir adalah buah yang tinggi serat alami. Bahkan juga, serat buah pir semakin tinggi dibanding apel. Pir memiliki kandungan pektin yang mengikat cholesterol dan mengusungnya keluar badan hingga kandungan cholesterol jahat (LDL) pada tubuh turun. Masih sangsi untuk mengonsumsi buah pir?

4. Jeruk

Untuk buah warna oranye ini kaya serat terlarut air yang bisa mengikat cholesterol yang teresap di usus lembut. Jeruk memiliki kandungan l-limonene yang berguna untuk meleburkan cholesterol.

BACA JUGA  5 Buah Ini Baik Turunkan Kandungan Kolesterol, Buat Tubuh Sehat

5. Anggur

Sama dengan jeruk, anggur kaya serat terlarut air yang bisa mengikat cholesterol, yang teresap di usus lembut. Riset menunjukkan jika anggur mempunyai senyawa anti-oksidan tinggi yang bisa menolong cholesterol baik (HDL) dan turunkan cholesterol jahat (LDL), dan trigliserida pada darah.

6. Pepaya

Pepaya sebagai salah satu buah yang baik turunkan kandungan cholesterol karena tinggi anti-oksidan seperti likopen, vitamin C dan vitamin E. Cholesterol bisa melekat pada pembuluh darah bila terjadi oksidasi, hingga pada akhirnya bergabung membuat karies dan menutup pembuluh darah. Vitamin C dan vitamin E dalam pepaya akan bersatu dengan enzim paraxonase, yang hendak menghalangi terjadinya oksidasi cholesterol dalam pembuluh darah.

7. Jambu Biji

Jangan salah, jambu biji rupanya baik turunkan kandungan cholesterol yang tinggi. Kandungan kalium dan serat terlarut air dalam jambu biji bisa menolong turunkan cholesterol jahat (LDL) dan meningkatkan cholesterol baik (HDL) yang bisa menahan beragam penyakit jantung.

Itulah beberapa buah-buahan yang baik untuk turunkan kandungan cholesterol pada tubuh. Jangan lupa makan buah ya!

Komentar