5 Efek Negatif Kopi yang Sering Tidak Kita Sadari

5 efek negatif kopi yang sering tidak kita sadari. Ya benar sekali. Siapa bilang minum kopi selamanya bagus dan positif?

Sudah terbukti melalui riset dokter dan ahli kesehatan, bahwa minuman yang umumnya sering dikonsumsi oleh para pria pada pagi hari ini, faktanya juga memilliki efek negatif terhadap tubuh.

Akan tetapi, sayangnya hal tersebut sering banget tidak kita sadari. Barulah ketika di akhir-akhir kita menyadarinya. Dan tentunya apabila ini terjadi, semuanya sudah menjadi percuma saja.

Oleh karenanya, bagi kalian yang memang belum pernah mengetahui, sebelum terlambat, langsung saja simak 5 efek negatif kopi yang sering tidak kita sadari berikut ini.

1. Kecanduan Kafein

Efek negatif kopi yang sering tidak kita sadari yang pertama adalah kita menjadi kecanduan kafein. Ya faktanya, seseorang yang selalu (terbiasa) minum kopi setiap harinya, akan menjadi kecanduan.

Hal ini dikarenakan tubuh kita akan menjadi terbiasa dengan asupan kafein. Nah banyak dari kita yang tidak menyadari kalau zat kafein pada dasarnya merupakan salah satu senyawa stimulan yang bisa mempengaruhi sistem saraf pusat.

Nah sistem saraf pusat berperan sangat penting dalam mengendalikan emosi serta kondisi psikologis. Alhasil, jika kita sedang tidak atau memang sudah memutuskan untuk berhenti minum kopi, alhasil kita nantinya akan mengalami fenomena penarikan kafein alias caffeine withdrawal.

Beberapa ciri apabila terkena caffeine withdrawl adalah: Lelah, kekurangan tenaga, penurunan kewaspadaan, gampang ngantuk, sulit konsentrasi, perubahan mood, dan gampang tersinggung.

2. Gigi Menjadi Kuning dan Rentan Berlubang

Efek negatif kopi yang sering tidak kita sadari selanjutnya, adalah gigi kita menguning dan rentan berlubang,

Nah mungkin untuk efek negatif yang satu ini, kita sudah sering mendengar atau membacanya. Dan faktanya, untuk efek yang satu ini memanglah bukan mitos belaka.

Kopi memiliki 2 senyawa yaitu, senyawa Tanin dan Flavonoid. Nah kedua senyawa inilah yang kerap meninggalkan noda pada permukaan gigi kita. Nah biasanya bekas noda yang tertinggal berwarna kuning.

Lalu jika kita termasuk yang sering minum kopi yang memiliki unsur ekstra seperti gula, susu, cokelat, atau krim, maka umumnya hal ini akan meningkatkan pembentukan karies gigi.

Nah karies gigi inilah yang lama-lama akan menyebabkan gigi kita rentan untuk berlubang,

3. Frekuensi Buang Air Kecil Lebih Sering

Sekali lagi bagi kalian yang hobi minum kopi, kalian pastinya sering mengalami poin ini. Ya faktanya kebiasaan kita yang minum kopi itu, bisa meninggikan frekuensitas untuk buang air kecil.

Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan kopi bersifat diuretik. Diuretik adalah istilah yang bermakna meningkatkan pengeluaran urin (air seni). Mungkin ketika melihat ini, kita-kita bergumam. “loh bukannya sering buang air kecil itu bagus/sehat ya?”

Memang secara general, ketika kita buang air kecil, kita membuang racun-racun di dalam tubuh. Namun jika terlalu sering plus tidak diimbangi dengan asupan air putih yang cukup, maka hal ini akan membuat kita dehidrasi (kekurangan cairan).

4. Penyerapan Zat Besi Terhambat

Kandungan yang terdapat di dalam kopi antara lain adalah: Kafein, Tanin, dan Asam Klorogenik. Nah ketiga kombinasi kandungan tersebut, faktanya merupakan kombinasi yang bisa mengikat kadar zat besi.

Nah karena sifatnya yang mengikat tersebut, alhasil kombinasi ketiga zat tersebut menjadi sangat sulit untuk diserap oleh tubuh.

Berdasarkan fakta tersebut, maka sangat disarankan bagi kita-kita yang sudah divonis menderita kekurangan zat besi seperti anemia defisiensi besi, untuk tidak minum kopi sama sekali.

Sedangkan bagi kalian yang tidak menderita kedua kasus penyakit tersebut, saya sarankan untuk mengurangi konsumsi kopinya. Akan tetapi, kalau memang masih sulit untuk tidak mengkonsumsinya, maka imbangkanlah dengan makan-makanan yang kaya zat besi.

Beberapa contoh di antaranya adalah: Daging merah, hati, dan makanan laut (seafood).

5. Susah Tidur

Bagi kamu yang insomnia, pasti sering banget mengisi “waktu melek”dengan menyeruput kopi di tengah malam. Nah kebiasaan ini justru sangatlah keliru.

Yang ada ketika nanti akhirnya ingin tidur nyenyak, kita tidak akan bisa mendapatkannya. Mengapa demikian? Hal ini karena kafein sifatnya memblokir senyawa kimia yang bernama Adenosin.

Adenosin adalah sneyawa di dalam tubuh yang tugasnya untuk memicu rasa kantuk. Jadi alangkah baiknya kita mengganti kopi dengan air putih biasa saja. Kalaupun sekali lagi kalian adalah “coffee freak,” minumlah kopi selambat-lambatnya jam 5 atau 6 sore.

Oke, itulah tadi 5 efek negatif kopi yang sering banget tidak kita sadari. Semoga pembahasannya ini bermanfaat.

Komentar

Masih Hangat