10 Film MCU Terbaik Sejauh Ini

Film MCU terbaik sejauh ini. Seperti kita ketahui, franchise rana sinematik superhero Marvel alias MCU, masih terus eksis dan berjaya hingga detik ini.

Lebih spesifiknya lagi, saat ini Marvel Studios dengan MCU-nya sudah merilis 31 film layar lebar dan 8 seri televisi. Dan hingga setidaknya tahun 2026 mendatang, MCU masih akan terus merilis film-film dan seri-serinya.

Nah berdasarkan pernyataan tersebut dan menyambut perilisan Guardians of the Galaxy Vol. 3 pada tanggal 5 Mei 2023 mendatang, maka tidak ada salahnya jika saya membuat daftar 10 film MCU terbaik sejauh ini.

Perlu diingat bahwa 10 film yang berada di dalam daftar ini merupakan pilihan saya sendiri alias SUBYEKTIF.

Film MCU Terbaik Sejauh Ini

 

10. Doctor Strange (2016)

 

 

Film MCU terbaik sejauh ini yang pertama adalah Doctor Strange. Awalnya saya dan mungkin beberapa dari kalian juga merasa keraguan yang amat sangat terhadap film ini.

Pasalnya di “dukun” Marvel ini termasuk salah satu karakter superhero Marvel yang super duper familiar. Hanya fans saja yang benar-benar familiar.

Namun layaknya film Guardians of the Galaxy, Doctor Strange sukses membuat kita semua menjadi fans dadakan. Pasalnya sutradara Scott Derrickson (The Black Phone), cerdas banget dalam menampilkan kisahnya.

Ia sukses mensimpelkan sisi mistis/magis Marvel dengan sangat simpel dan fun. Hal ini ditambah lagi dengan tampang dan juga performa Benedict Cumberbatch (Sherlock) yang sangat pas banget.

Pemilihan dan penampilannya sebagai Strange bagaikan Robert Downey Jr. (Chaplin) dengan Tony Stark aka Iron Man.

9. Spider-Man: Homecoming (2017)

 

 

Film MCU terbaik sejauh ini selanjutnya adalah Spider-Man: Homecoming. Oke, oke, mungkin banyak dari kalian yang bingung mengapa bukan Spider-Man: No Way Home (2021)?

No Way Home memang keren. Filmnya merupakn film MCU yang kian mengeksplorasi multiverse setelah Avengers: Endgame. Lalu tentunya, film ketiga Spider-Man Tom Holland (In the Heart of the Sea) ini memberikan efek nostalgia yang gila-gilaan.

Namun entah mengapa setelah menelaah kembali, saya justru lebih menykai film pertamanya ini.

Selain jauh lebih simpel, juga semua kisah dan elemennya jauh lebih membumi (grounded). Sudah begitu performa dan chemistry Holland dan Zendaya (Euphoria) dil film pertamanya ini juga masih terlihat cute banget.

Oh ya jangan lupakan juga dengan performa gokil Michael Keaton (Batman) sebagai villain utamanya, Vulture.

8. Thor (2011)

 

 

Hampir 11-12 dengan alasan Spider-Man: Homecoming, film pertama si dewa petir dari Asgard ini masih jauh lebih simpel, polos, dan to the point.

Sutradara Kenneth Branagh (Henry V) benar-benar tahu apa yang ia buat di sini. Ia bahkan menampilkannya ala kisah-kisah tragedy Shakespeare. Salah satunya terlihat melalui adegan interaksi emosional antara Odin (Anthony Hopkins) dengan Thor (Chris Hemseorth).

Adegan interkasi Odin dengan Loki (Tom Hiddleston) pun juga telihat dan terasa demikian.

Aspek tersebut kian diperkuat dengan performa seluruh aktor dan aktrisnya yang sangat total di film ini. Sayang banget, franchise MCU ini tidak bisa mempertahankan kualita keren dari film pertamanya ini di ketiga film berikutnya.

7. Captain Marvel (2019)

 

 

Oke, mungkin banyak dari kalian yang kini mau berkata kasar ke saya. Dan ya, saya tahu kok banyak yang gak suka dengan Captain Marvel.

Dan saya bahkan mengakui kalau kisahnya juga memang tidak WOW banget. Tapi ya saya suka. Toh sekali lagi seperti yang saya katakan di paragraf pembuka, daftar ini sifatnya subyektif bukan?

Lalu mengapa saya suka dengan debut superhero aktris Brie Larson (Room) ini? Cuma satu: NOSTALGIA. Ya karena saya besar di awal hingga akhir 90an, tak memungkiri ketika melihatnya saya bagaikan kembali ke masa “kejayaan” tersebut.

Namun di luar alasan personal tersebut, toh Captai Marvel secara keseluruhan masih sangat bisa dinikmati kok. Walau sekali lagi memang bukanlah film yang sempurna banget dari MCU.

6. Guardians of the Galaxy (2014)

 

 

Seperti yang telah saya katakan di poin Doctor Strange, seperti film tersebut, ketika diumumkannya film ini banyak awam (non-fanboy) yang langsung garuk kepala sendiri.

Pasalnya GOTG bukanlah sosok kelompok dan kisah superhero Marvel yang familiar bagi yang non-fanboy. Bahkan kalau mau lebih jujur lagi, dibanding Doctor Strange, GOTG jauh lebih asing.

Namun seperti halnya Doctor Strange, untungnya Guardians of the Galaxy dikemas dengan sangat keren dan sangat menghibur. Sutradara James Gunn (Super) sukses mengadaptasinya menjadi seperti karya-karya filmnya sebelumnya.

Bagi kalian yang fans atau sudah nonton beberapa film awal Gunn, pastinya paham dengan pernyataan tersebut. Selain itu hal ini diperkuat lagi pilihan lagu-lagunya yang pas banget sebagai soundtrack filmnya.

5. The Avengers (2012)

 

https://www.youtube.com/watch?v=atOgj_ZaO7M

Komentar